Friday, July 7, 2017

Filled Under: , , ,

Sholat Jum'at di Turin, Italia

Share
IMG 4560
Alhamdulillah, saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke Eropa, bagian yang tidak sabar ingin saya share adalah pengalaman saya ikut Jum'atan di Salah satu mesjid di Turin, Italia. Para Tivosi pasti tau dong Turin, yup ini adalah markas besarnya Juventus, yang kemarin digagalkan mimpinya oleh Real Madrid di Liga Champion.

Sebelum saya ke mesjid, saya sempatkan dulu mengisi perut untuk makan siang, di salah satu restaurant dekat dengan Mesjid, penjualnya muslim sepertinya berasal dari Syiria, "Panino Uno" Kataku, dan tak lama sepotong panino sudah siap untuk di lahap. Sambil makan saya melihat jadwal sholat di Muslim Pro, karena kebetulan hari ini hari Jum'at, saya ingin sekali merasakan vibe nya orang-orang Muslim yang melakukan sholat Jum'at di Negara Itali ini. Jadwal sholat 13:34 di Turin, sekarang masih jam 12, jadi masih ada waktu untuk santai-santai, setelah selesai makan siang, kemudian saya menuju mesjid yang lokasi mesjidnya pun dibantu oleh Muslim Pro, hanya sekitar 3 menit berjalan dari tempat saya makan. Nama mesjidnya adalah Mesjid Omar Ibn Al Khattab, kalau teman-teman ingin tau alamatnya, ada di Via Saluzzo, 18, 10125 Torino.

Saat saya tiba di Mesjid, betapa terkejutnya saya ternyata Khatib sudah naik mimbar, loh padahal masih pukul 12:30, wah saya bergegas ambil air wudhu, kemudian bergabung dengan jamaah yang lain, Mesjidnya Full saat itu. Setelah selesai, saya tidak langsung pergi, saya masih duduk di Mesjid sambil menyelesaikan Surat Al-Kahfi, setelah selesai tilawah, saya pun masih santai-santai di Mesjid, kemudian saya kaget tiba-tiba Khatib yang sama naik mimbar lagi, dan Adzan pun di kumandangkan, dan saya otomatis melihat jam, dan saat itu pukul 13:34, saya jadi kaget, lah yang tadi apa? hahaha

Saya berasumsi, sekali lagi hanya asumsi nih, kemungkinan yang pertama itu untuk mengakomodir pekerja yang hanya bisa jum'atan di jam istirahat, yakni jam 12:00 - 13:00, dan yang keduanya adalah edisi yang benar, bagi jama'ah yang memang lagi free di hari Jum'at. Masih asumsi saya sih :)
Setelah selesai Jum'atan, waktu ini dijadikan ajang buat mereka saling ngobrol, saling bertemu teman jauh, tidak peduli saat itu cuacanya cukup panas.

IMG 7707
Suasana setelah sholat Jum'at

Betapa enaknya tinggal di negara mayoritas Muslim, mau sholat gampang, ah sedihnya orang-orang yang ada di Indonesia, begitu gampangnya menemukan mesjid, tapi mesjid masih saja sepi.
Hari ini 7 Juli 2017, saya akan bersiap kembali ke tanah air, banyak cerita dari perjalanan singkat saya selama di Eropa, nanti kalau ada waktu akan saya bagikan ke teman-teman.

7 Juli 2017, Aeroporto Turino

1 komentar:

  1. mau nanya mas, mesjid ini dekat stasiun kereta utama d turin ya...saya rencana mau k sana jumat 2mg lagi, sy liat d google dkat stasiun kereta karena sy staynya d milan...

    ReplyDelete