Saturday, September 24, 2016

Filled Under: , , , ,

Install MacOS Sierra Menggunakan Flashdisk

Share
MacOS Sierra Wallpaper Macbook Wallpaper 1024x640

Beberapa pengguna Macbook Air, Macbook Pro, Macbook, Mac Pro dan iMac pasti telah melihat berupa update OS ketika membuka App Store, ya benar update OS terbaru itu bernama MacOS Sierra.

Jika selama ini Apple selalu menamai operating systemnya dengan OS X, seperti OS X Leopard, OS X El Capitan, maka untuk Sierra ini Apple menyebutnya MacOS Sierra, lebih simple dan lebih mudah untuk di ucapkan.

Kali ini saya mencoba untuk share cara update ke MacOS Sierra dengan menggunakan bootable USB, mungkin teman-teman akan bertanya kenapa harus via bootable USB? Bukannya tinggal download dari AppStore kemudian tinggal install, beres deh.. Ya tidak salah juga pendapat tersebut, tapi dengan bootable USB ini, kita bisa meng-install ke banyak device tanpa harus men-download lagi. Ini penting bagi para fakir quota :)

Ada dua cara dalam instalasi bootable usb ini, pertama dengan menggunakan terminal dan kedua menggunakan applikasi pihak ketiga. Saya lebih memilih dengan cara kedua, karena cara pertama selain ribet juga jelimet, karena harus memasukkan perintah-perintah ke dalam command. Jadi saya hanya menjelaskan cara kedua saja ya!

Aplikasi yang dapat membuat usb ini menjadi bootable usb ini ada dua yang saya suka, yaitu Disk Creator dan DiskMaker X. Keduanya sama-sama bekerja dengan baik.

Sebelum memulai instalasi, pastikan dahulu kalau device teman-teman termasuk yang kebagian update MacOS Sierra ini, berikut list yang compatible:

  • MacBook Pro (2010 and later)
  • MacBook Air (2010 and later)
  • Mac Mini (2010 and later)
  • Mac Pro (2010 and later)
  • MacBook (Late 2009 and later)
  • iMac (Late 2009 and later)

Nah kalau sudah termasuk dalam compatible list diatas, mari dilanjutkan langkah berikutnya. Masuk ke App Store atau dapat langsung melalui link ini Macossierra

Tekan "Get" pada macOS Sierra, dan tunggu sampe downloadnya selesai, file yang didownload adalah sekitar 4.7GB. Ketika selesai, otomatis layar untuk meng-install Sierra tersebut akan keluar, jangan klik lanjutkan, keluarlah dari layar instalasi tersebut. Penting untuk diketahui, sekali teman-teman menekan instalasi dilayar tersebut, maka file mentah MacOS Sierra tersebut akan hilang, sehingga jika ingin membuat USB bootable MacOS tersebut, makan teman-teman harus men-download ulang, jadi jangan sampai salah yah!

Download aplikasi DiskMaker X (dalam hal ini saya menggunakan aplikasi DiskMaker X), siapkan flashdisk minimum 8GB, atau harddisk juga bisa.

Buka aplikasi DiskMaker X 6 Screen Shot 2016 09 25 at 7 21 13 AM Kemudian pilih "Use this copy" jika file mentahan OS tersimpan di folder /Applications Screen Shot 2016 09 25 at 7 21 22 AM Pilih mau pakai flashdisk dengan minimum 8GB, atau harddisk yang punya lebih dari 1 partisi, jadi hanya volume partisi yang dipilih saja yang akan di erase dan dibuat bootable, saya memakai "An 8 GB USB thumb drive" Screen Shot 2016 09 25 at 7 23 23 AM Pilih nama flashdisk atau harddisk yang akan dibuat bootable Screen Shot 2016 09 25 at 7 28 54 AM Peringatan muncul yang memberitahu, bahwa semua data akan di hapus. Screen Shot 2016 09 25 at 7 29 09 AM Kemudian pemberitahuan bahwa langkah selanjutnya ada lah memasukkan log in administrator Screen Shot 2016 09 25 at 7 29 18 AM Log in Administrator Screen Shot 2016 09 25 at 7 29 44 AM Tinggal tunggu deh, informasi complete akan di munculkan di kolom notifications Screen Shot 2016 09 25 at 7 31 51 AM

Selesai! Screen Shot 2016 09 25 at 7 45 49 AM

Nah, sekarang flashdisk tersebut telah teinstall bootable MacOS Sierra, untuk instalasi, restart mac kalian, kemudian sebelum terdengan suara bang, tahan tombol option (alt), kemudian pilih boot disk MacOS Sierra, dan tinggal next next next, Mac kamu telah terinstall MacOS Sierra!

Jadi untuk meng-install ke device lain, teman-teman tidak perlu download lagi, tinggal gunakan kembali flashdisk tersebut. Mudah kan?

3 komentar:

  1. Mantap pencerahannya....thank u banyak.

    ReplyDelete
  2. Ijin ngelapak iya min, terima kasih banyak admin.

    JASA PEMBUATAAN & VERIFIKASI PAYPAL, NETELLER, AKUN GOOGLE PLAY DEVELOVER, AKUN iOS DEVELOVER VIA VISA/MASTERCARD FULL AKSES.

    PayPal terverifikasi dengan menggunakan kualitas di atas VCC Umum, VCC Murah, VCC Biasa, VCC Reguler, VCC AVS, yaitu Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Sesuai Identitas Asli.

    Dengan Virtual Prepaid VisaCard/MasterCard Full Akses, maka yang Anda dapatkan adalah:
    - Bisa FB ADS, Goole Play Develover, Google Adwords, AWS.
    – Full akses ke bank penerbit virtual prepaidnya.
    – Full akses ke virtual prepaidnya.
    – Dapat username dan password virtual prepaidnya.
    – Nama kita sesuai KTP/SIM tertera di badan virtual prepaidnya.
    – Bisa direload/isi ulang atau top up virtual prepaidnya.
    – Masa aktif 3 tahun resmi visacard/mastercard.
    – PayPal sekali terverifikasi maka seumur hidup terverifikasi.
    – Dapat card statemen atau transaksi histori resmi.
    – Bank penerbit virtual prepaidnya terlink ke PayPal jadi aman.
    – Bisa belanja online disemua merchant VisaCard/MasterCard.
    – Dll.

    Bukti pelayanan dan ke profesionalan saya:
    https://www.facebook.com/nababan.nerdi/posts/10203433167769634

    Facebook:
    https://www.facebook.com/vccfullakses

    Group FB:
    https://www.facebook.com/groups/854978171227659

    Kriteria Penjual VCC PayPal yang Aman dan Terpercaya (Adblock Plus dimatikan agar linknya bisa dibuka):
    http://ads.id/forums/showthread.php/166259-Share-Kriteria-Penjual-VCC-Paypal-yang-Aman-dan-Terpercaya

    HP: 085761117413 (WA) | 085310709525 (SMS ONLY)

    SALAM.
    VIRTUAL PREPAID VISACARD/MASTERCARD RESMI SESUAI IDENTITAS ASLI.
    VCC KHUSUS FULL AKSES.

    ReplyDelete